Memuat Halaman
" ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015 "
Koneksi lambat? | Gunakan blog dalam versi mobile .
Tetap berusaha terhubung dengan Berlian Seri
Coba gunakan blog dalam versi mobile atau tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015

    I. Petunjuk: Untuk soal berikut jawablah dengan singkat dan tepat !
    1. Aditya mendapat tugas dari guru sejarah untuk: 1). memahami Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan menelusuri perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia sejak masa penjajahan Belanda pada abad ke-17; 2). memahami peristiwa proses terbentuknya Kabupaten Sumbawa Barat sebagai kabupaten berperadaban fitrah tanggal 20 November 2003 dengan menelusuri perjuangan masyarakat KEMUTAR TELU sejak masa masih bergabung dengan kabupaten Sumbawa sampai peristiwa 20 November 2003. Berdasarkan kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa Aditya mengembangkan salah satu contoh cara berpikir dalam sejarah yaitu....

    2. Dalam rangka memeriahkan HARLA KSB ke-11, Sari dan Windha diberi tugas oleh guru sejarah untuk mengikuti lomba membuat kliping dan ulasan mengenai keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sumbawa Barat dalam bidang agama, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pertahanan-keamanan. Berdasarkan kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa Sari dan Windha mengembangkan salah satu contoh cara berpikir dalam sejarah yaitu....

    3. a). Di sepanjang pantai Labuhan Lalar dan Labuhan Balat Kecamatan Taliwang masih dijumpai tumpukan kulit kerang dari sisa makanan yang sudah membatu dan menyerupai bukit. Hal ini merupakan bukti sejarah bahwa kehidupan masyarakat Labuhan Lalar, Labuhan Balat masih mengikuti pola hidup masyarakat pra-aksara zaman mezolithicum dengan hasil budayanya dikenal dengan istilah.... b). Selain itu dari penelusuran peninggalan budaya di Jereweh dekat dengan Tiu Bengkema ditemukan "LIANG SERUNGA" yang di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit. Liang (gua) tersebut diduga sebagai tempat tinggal agar terhindar dari panas dan hujan serta serangan binatang buas. Hal ini merupakan bukti sejarah bahwa kehidupan masyarakat Jereweh masa awal masih mengikuti pola hidup masyarakat pra-aksara zaman mezolithicum dengan hasil budayanya dikenal dengan istilah....

    II. Petunjuk: Untuk soal berikut gantilah kata "AKU" dengan istilah yang tepat !
    1. a). AKU sebuah istilah yang terdiri atas 3 kata. AKU adalah ciri hidup masyarakat pra-aksara zaman Palaeolithicum yang kehidupannya bergantung pada alam dan belum bisa memproduksi bahan makanan. AKU dicontohkan dengan kegiatan matapencaharian orang Labuhan Lalar yang datang ke pantai ketika air laut surut untuk mencari dan mengumpulkan kerang. AKU dicontohkan juga dengan kegiatan matapencaharian orang Jereweh berburu rusa di hutan. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah.... b). AKU sebuah istilah yang terdiri atas 3 kata. AKU adalah ciri hidup masyarakat pra-aksara zaman Neolithicum yang kehidupannya tidak spenuhnya bergantung pada alam dan sudah bisa memproduksi bahan makanan sendiri. AKU dicontohkan dengan kegiatan pengusaha tambak budidaya udang di Poto Tano, kegiatan pengusaha budidaya rumput laut di Kertasari, dan kegiatan petani mengembangkan padi "gogo rancah" di Lang Sesat Taliwang. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah....

    2. a). AKU sebuah istilah yang terdiri atas 3 kata. AKU dikenal pula dengan istilah cetak lilin. Cara yang dilakukan yaitu dengan membuat cetakan model benda dari lilin. Cetakan tersebut kemudian dibungkus dengan tanah liat. Setelah itu tanah liat yang berisi lilin itu dibakar. Lilin akan mencair dan keluar dari lubang yang telah dibuat. Maka terjadilah benda tanah liat bakar yang berongga. Bentuk rongga itu sama dengan bentuk lilin yang telah cair. Setelah cairan logam dingin, cetakan tanah liat dipecah dan terlihatlah cairan logam yang telah membeku membentuk suatu barang sesuai dengan rongga yang ada dalam tanah liat. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah.... b). AKU sebuah istilah yang terdiri atas 1 kata. AKU dilakukan dengan cara menggunakan cetakan-cetakan batu yang dapat dipergunakan berulang kali. Cetakan terdiri dari dua bagian (kadang-kadang lebih, khususnya untuk benda-benda besar) diikat. Kedalam rongga cetakan itu dituangkan perunggu cair. Kemudian cetakan itu dibuka setelah logamnya mengering. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah....

    3. AKU sebuah istilah hasil budaya yang merupakan bukti sejarah bahwa masyarakat pra-aksara zaman megalithicum sudah mengenal sistim kepercayaan.AKU berfungsi sebagai tugu batu yang dibuat sebagai sarana penyembahan arwah nenek moyang. AKU banyak ditemukan di Seran Kecamatan Seteluk dan di halaman bagian belakang Masjid Kampung Sebok Kecamatan Taliwang. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah....

    4. AKU sebuah istilah yang lahir abad 5 M di Kalimantan Timur, menggunakan huruf pallawa dan bahasa sanskerta. AKU memberi informasi penting tentang silsilah Raja Mulawarman. AKU menerangkan bahwa Kudungga mempunyai putra bernama Aswawarman. Raja Aswawarman dikatakan seperti Dewa Ansuman (Dewa Matahari). Aswawarman mempunyai tiga anak, tetapi yang terkenal adalah Mulawarman. Raja Mulawarman dikatakan sebagai raja yang terbesar di Kutai. Ia pemeluk agama Hindu- Siwa yang setia. Tempat sucinya dinamakan Waprakeswara. Ia juga dikenal sebagai raja yang sangat dekat dengan kaum brahmana dan rakyat. Raja Mulawarman sangat dermawan. Ia mengadakan kurban emas dan 20.000 ekor lembu untuk para brahmana. Oleh karena itu, sebagai rasa terima kasih dan peringatan mengenai upacara kurban, para brahmana mendirikan AKU. Berdasarkan pernyataan di atas, istilah yang tepat untuk mengganti kata AKU adalah....

    III. Petunjuk : Untuk soal berikut amatilah setiap gambar dengan teliti dan jawablah dengan tepat !
    1. a). Apa nama peninggalan budaya megalitikum di atas ?. b) Jelaskan fungsi peninggalan budaya di atas !

    2. a). Apa nama peninggalan budaya mesolitikum di atas ?. b) Jelaskan fungsi peninggalan budaya di atas !



    3. a). Alat cetak di atas mendukung teknik pembuatan benda-benda dari cairan perunggu pada masa pra-aksara. Apa nama teknik tersebut !. b). Biasanya seminggu menjelang lebaran ibumu sering menggunakan alat cetak di atas untuk kegiatan apa ?

Gabung ke group:

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

:a: :b: :c: :d: :e: :f:
:g: :h: :i: :j:

Emotion lainnya?